6.12.08

Trik menyembunyikan folder sharing dalam jaringan

Trik menyembunyikan folder sharing dalam jaringan
Anda bisa menyembunyikan folder yang anda sharing dalam jaringan (OS windows) dengan cara menambahkan tanda ($) setelah share name pada settingan sharing anda. Sebuah study kasus, dalam jaringan komputer kantor anda terdapat 2 partisi drive yang merupakan data pribadi (private area) dan data umum untuk di publish ke semua komputer rekan anda pada network tersebut. Ilustrasinya adalah, Drive C merupakan data-data pribadi anda, kemudian drive D adalah data-data umum yang dipergunakan di kantor anda.

Karena suatu alasan, anda diharuskan mengerjakan tugas anda pada komputer lain, sementara tugas anda mewajibkan anda untuk mengakses data pribadi yang terdapat pada drive C komputer anda, dan jalan satu satunya adalah mensharing drive C yang berisikan data pribadi anda pada jaringan kantor karena waktu tidak memungkinkan anda untuk melakukan perpindahan data pribadi pada removable disk. Berikut adalah solusinya agar drive share anda tidak terlihat pada network/jaringan kantor.

  • Klik kanan pada drive C, kemudian pilih Propertis
  • Klik pada tab Sharing
  • Pilih Share This Folder
  • Pada kolom Share Name, isikan "dataku$" (tanpa tanda petik)
  • Klik Apply, kemudian klik OK

folder private sharing

Untuk membuka private folder share anda, bisa melalui address url pada tool bar kemudian ketik \\Alamat IP Komputer anda\dataku$ (contoh: \\192.168.0.14\dataku$ ) kemudian tekan enter.



Baca juga trik menyembunyikan file kedalam folder, atau Trik mengunci folder
Semoga bermanfaat...


Thanks http://nangkacomm.net http://dafiex.site88.net http://folderblog.blogspot.com
Penulis : fcknmysep@yahoo.com.sg
Judul artikel: Cara menyembunyikan folder sharing dalam jaringan
OS: WINDOWS

No comments:

Post a Comment