26.8.08

Trik menyembunyikan file kedalam folder

Trik menyembunyikan file kedalam folder

Dari iseng-iseng mempelajari kinerja sebuah virus yang menyebar melalui autorun.inf, saya menemukan hal yang cukup menarik. Pertama saya coba scann flashdisk saya menggunakan antivirus xxx* dan di situ terdeteksi adanya sebuah virus yang berada pada sebuah folder / deirectory, kemudian saya coba buka directory tsb tapi hasilnya tidak ada apapun di dalamnya, kemudian saya coba ubah settingan folder options pada posisi show hidden tapi hasilnya tetep sama saja. setelah berapa lama muncul pemikiran untuk merubah attribut dari folder tersebut, kemudian saya coba rubah folder tersebut pada attribute nonsystem(-s) dan nonhidden(-h) dan hasilnya ternyata benar, file virus tersebut ada di dalamnya, sebenernya trik ini mirip dengan trik kunci folder dengan menggunakan extensi control panel yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya. ternyata cara ini memang di pakai oleh sang pembuat virus untuk menyembunyikan file virusnya :D.
Berikut ini adalah step by step trik menyembunyikan file tsb :

1. buat sebuah folder dengan nama asal misal "TEST"
2. buka notepad, kemudian paste script berikut ini
[.ShellClassInfo]
CLSID={645FF040-5081-101B-9F08-00AA002F954E}
3. Save as dengan nama Desktop.ini di dalam folder TEST
4. Masukan file percobaan yang akan di sembunyikan dalam folder TEST
5. Buka CMD, ketik perintah "attrib -h +s TEST"
6. Lihat hasilnya :D

Berikut adalah screenshootnya :





Untuk membuka folder tersebut dari trik menyembunyikan file ini anda bisa menggunakan perintah berikut :
1. Buka cmd
2. Ketik "attrib -s -h TEST"

Thanks, semoga bermanfaat

Judul artikel : Trik menyembunyikan file kedalam folder
Penulis : fcknmysep@yahoo.com.sg http://folderblog.blogspot.com
Operating System : Windows

5 comments:

  1. buka cmd itu apa ??

    ReplyDelete
  2. CMD = command prompt , letaknya ada di Star menu > all programs > accesories > command prompt

    ReplyDelete
  3. koq setelah saya save di folder test tp gak ada perubahan

    ReplyDelete
  4. fefry: atributnya di rubah dl mas, bisa kok..

    ReplyDelete